«

»

TIM VERIFIKASI KOTA SEHAT JATIM, KUNJUNGI TITIK PANTAU

kotasehat

Probolinggo, 13/9/2018. Kota Probolinggo kembali mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian kota sehat tingkat nasional. Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Jawa Timur melakukan kunjungan lapangan sesuai titik pantau yang dijadikan pilot project.

Di ruang pertemuan Bappeda Litbang, Kamis (13/9) pagi, tim verifikasi diterima oleh Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo. Dalam sambutannya dijelaskan jika Kota Probolinggo mengikuti verifikasi kota sehat dengan mengikutkan 7 tatanan yaitu, kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasaan ketahanan pangan dan gizi, Kawasan kehidupan yang sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, kawasan industri perkantoran sehat, kawsan tertib berlalu lintas dan transportasi, serta tambahan Kawasan pariwisata sehat.

kota sehat1“Dengan adanya verifikasi lapangan tingkat provinsi, kami berharap ada masukan serta saran dalam upaya perbaikan masing-masing titik pantau dan Kota Probolinggo secara umum, mengingat kita persiapan untuk verifikasi lapangan tingkat nasional pada tahun 2019,” harapnya. Selanjutnya, ketua tim verifikasi Jatim, Edy Basuki mengapresiasi Pemkot yang sudah meraih dua kali penghargaan kota sehat swasti sabha wistara.

Untuk bisa mempertahankan penghargaan ketiga kalinya, penilaian dilakukan lebih ketat meski sebenarnya kota sehat bukan sebuah perlombaan.

“Kehadiran kami untuk melakukan pembinaan, harus lebih baik dari sebelumnya. Contohnya, jika tahun kemarin masih belum semua kecamatan ODF (open defecation free), maka sekarang semua kelurahan yang ada di kota harus sudah ODF. Dengan kata lain, perilaku tidak buang air besar sembarangan (BABS) harus mencapai 100 %. Jika tidak, maka jangan harap bisa lolos verifikasi oleh tim dari pusat,” tegasnya.

Edy menambahkan, program itu bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan, harus bersinergi antara pemerintah, masyarakat dan para stakeholder, karena kota sehat merupakan proses perubahan peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara optimal dari waktu ke waktu.

Berikutnya, tim verifikasi terbagi dua kelompok. Tim I mengunjungi forum kecamatan sehat siaga aktif (Forkessa Kecamatan), SDN Kademangan 1, KRPL Mentari/Kademangan Asri, PT Indopherin Jaya, KUBE Nuris, kantor Radar Bromo. Untuk tim II, menuju forum keluarga sehat siaga aktif, Jalan Flamboyan (Posyandu Balita, Kampung KB, IPAL), Museum Kota, lembaga kesejahteraan sosial anak yatim piatu dan terlantar NU, balai pengujian KIR, dan bunderan gladak serang. (yul)

Yahoo! Status Checker by Techya