PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, WALI KOTA : SAYA NKRI. SAYA PANCASILA. KAMI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Probolinggo, 1/10/2019 – Pemkot Probolinggo menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “ Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, di lapangan Batalyon Tempur Yon Sipur 10 Probolinggo, Selasa (1/10). 

Upacara yang dilaksanakan tadi pagi diikuti oleh peserta dari siswa-siswi tingkat SMA, TNI, Polri hingga seluruh jajaran Pemerintah Kota Probolinggo.

Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang dikenal dengan G30S/PKI. Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis. Kemudian pemerintah orde baru kemudian menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila mengandung makna yang sangat penting bagi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Karena itulah Pancasila dijadikan sebagai ideologi dasar negara ini, yang berarti segala sesuatu yang dilakukan oleh bangsa ini haruslah didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Ditemui usai upacara berlangsung, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abiddin yang didapuk sebagai Inspektur Upacara mengatakan, giat pagi tadi adalah salah satu langkah Pemkot dalam menyikapi bahwa Ideologi Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya mampu mencakup keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia.

“Pancasila adalah pemersatu bangsa. Dimana perbedaan seharusnya menjadi kekuatan dan komitmen bersama sebagai anak bangsa untuk bisa turut serta menggaungkan semangat Pancasila dan mengamalkan ke lima butir sila di dalamnya, menjadi sebuah hubungan silaturrahim antar umat beragama, suku, etnis dan budaya yang ada,” katanya.

Untuk itu, ia berharap agar selalu waspada dengan adanya permasalahan ideologi yang menyimpang dan upaya-upaya yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI. “Saya juga mengajak masyarakat Kota Probolinggo khususnya, mari melihat, memilih dan memilah semua informasi yang datang serta jangan mudah terprovokasi,” pesannya.

Pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dibacakan naskah ikrar oleh Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mudjib. Dan diakhiri dengan pengucapan yel-yel yang berbunyi, “ Saya NKRI. Saya Pancasila. Kami Bhinneka Tunggal Ika”, yang dikomandoi Wali Kota Probolinggo bersama Kapolresta Probolinggo, Dandim 0820/Probolinggo, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah, ketua DPRD dan perwakilan peserta upacara. (Sonea)