KOMINFO SE-JATIM PAMERKAN IT PENDUKUNG KETERBUKAAN INFORMASI

Magetan, 1/10/2019 – Jatim Kominfo Festival (JKF) memamerkan IT yang mendukung keterbukaan informasi di GOR Ki Mageti Magetan. Dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Selasa (1/10) malam.

Emil menuturkan jika saat ini merupakan era keterbukaan informasi bagi semua daerah. “Ya, harus ada keterbukaan, agar masyarakat tahu dan bisa melihat informasi seluas-luasnya,” ujarnya.

Di lain sisi, acara JKF ini akan menjadi salah satu bagian penting dalam menumbuhkan toleransi antar masyarakat. Hal itu dapat terwujud, jika aktifitas komunikasi menghasilkan informasi yang sehat.

Semangat inilah yang diangkat dalam pelaksanaan Jatim Kominfo Festival yang berlangsung hingga Jum’at (4/10) malam.
Suami dari Arumi Bachsin ini juga mengapresiasi Diskominfo masing- masing daerah, yang menampilkan karya dan inovasinya dalam menyajikan sistem informasi terpercaya bagi masyarakat.

Konten yang dipamerkan bervariasi dan menarik, mulai dari command centre-nya, aplikasi berbasis android, akses data yang transparan serta menunjukkan ikon masing- masing daerah.

Wagub Jatim yang dikenal murah senyum ini juga mendukung keberadaan Kelompok  Informasi Masyarakat (KIM). “Kita butuh masyarakat yang ikut mendukung menyalurkan informasi kebijakan pemerintah tanpa embel-embel apapun. KIM ini salah satu wadah penyalur aspirasi dan informasi kepada masyarakat,”pujinya.

Selaras dengan Wagub, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, Ardo Sahak menjelaskan, festival ini akan menjadi ruang untuk mengedukasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi dan berbagai media informasi yang beredar di masyarakat.

Selain itu, festival ini juga diharapkan dapat menaikkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam menjalankan peran dan fungsinya.

“Ada berbagai kegiatan mulai dari kompetisi media sosial, pertunjukan seni, dan LCCK, serta pameran program unggulan Kominfo se-Jatim,” ungkapnya.

Kota Probolinggo juga ikut berperan dalam pameran tersebut. Dengan nuansa warna krem kombinasi kuning orange, disajikan program unggulan berbasis android, VIEW Probolinggo.

Termasuk leaflet agenda wisata Kota Probolinggo, serta berbagai media pendukung informasi seperti majalah Link- Go, tabloid Suara Kota, serta profil KIM masing- masing kecamatan.

Pengunjung yang mampir ke stand juga menanyakan tempat wisata hutan mangrove dan agenda Kerapan Sapi Brujul sebagai destinasi wisata baru. Begitu pula Wagub Emil Dardak begitu meninjau stand Kota Probolinggo langsung terbersit dan bertanya tentang Kerapan Sapi Brujul. (yul)