MAKSIMALKAN PERAN, KADER PKK DAN PEMBINA OSIS IKUTI SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN

Probolinggo, 20/11/2019 – Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam peran sertanya pada penanggulangan kebakaran. Peran masyarakat ini dianggap penting disetiap kebakaran yang terjadi, dimana semakin masyarakat mengerti dan mengetahui segala hal tentang kebakaran, maka dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisirkan, baik harta benda maupun korban jiwa.  Oleh sebab itu, masyarakat harus dibekali pengetahuan tentang bahaya kebakaran dan cara penanggulangannya.

Melatarbelakangi hal tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Probolinggo mengadakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, di halaman Kantor Satpol PP, Jalan Panglima Sudirman, Rabu (20/11).
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan, sangatlah penting untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, terkait langkah-langkah pencegahan dini terhadap bahaya kebakaran yang bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja.

“Dengan harapan setelah kegiatan ini, akan lebih tanggap lagi dalam menangani pencengaahan, pengendalian, pemadaman dan pencegahan, dalam menghadapi ancaman bahaya kebakaran. Mengingat sebulan terakhir ini petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) sangat sering menangani masalah lahan kosong, lahan kering atau barungan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga ditampilkan perlengkapan pemadam kebakaran untuk menunjang tugas Damkar. Seperti, fireman suit killfire nomex III A dengan spesifikasi terdiri dari dua bagian jaket (3 layer) dan celana (2 layer) tahan panas. Lalu, fireman suit safety, acrylic fiber and flame resistant fabric compounded with aluminium foil, baju pemadam kebakaran tahan api 1000c.

Sebagai informasi, Tupoksi pemadam kebakaran selain melakukan pemadaman juga melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi kepada masyarakat, dalam hal ini  khususnya agar dapat dimengerti dan dapat melaksanakan upaya penanggulangan dini/awal kebakaran.

Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran yang berlangsung sejak pagi hari itu diikuti oleh kader Tim Penggerak PKK kelurahan/kecamatan, dan pembina OSIS se-Kota Probolinggo, dan mendapat antusias yang tinggi terhadap materi yang disampaikan narasumber dari Teknisi dan Instruktur Bandiklat Pemadam Kebakaran Margo Mulyo Surabaya dan Tim Teknis Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) Siaga 112, dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo. (Sonea)