ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, KERJA BAKTI DI MASJID AGUNG ROUDLATUL JANNAH

MAYANGAN – Upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo. Kali ini Kecamatan Mayangan menggelar kerja bakti di Masjid Raudlatul Jannah, Selasa (17/3) siang. Tampak 3 pilar kecamatan ikut hadir, diantaranya Kapolsek Mayangan Kompol Firman, Danramil Mayangan, lurah se Kecamatan Mayangan, takmir masjid agung Roudlatul Jannah, Kepala Puskesmas Sukabumi dan Kepala Puskesmas Jati.

Camat Mayangan M Abas memimpin langsung proses kerja bakti di masjid dekat Alun-alun Kota Probolinggo ini. “Dalam kesempatan ini diperlukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 menggunakan alat-alat yang sudah kami sediakan,” bukanya sebelum mengawali kerja bakti.

WhatsApp Image 2020 03 17 at 14.27.25

Masih menurut Abas, sapaan akrabnya, diharapkan kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat dan mendapatkan perhatian banyak pihak untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. “Dimulai dari diri kita sendiri, menjaga kebersihan lingkungan kita agar terlindungi dari penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan ikhtiar kita diridhoi Allah SWT,” harapnya diamini serentak peserta yang hadir.

Sejumlah alat kebersihanpun telah disediakan diantaranya sarung tangan, kain pel, lap kain dan cairan desinfektan. Dilakukan pembersihan di semua penjuru masjid baik dalam dan di luar masjid, pintu, jendela, anak tangga, rak Al-Qur’an, dinding, dan sebagainya.

Ya, sejak wabah COVID-19 merebak luas banyak upaya dilakukan. Sebelumnya Masjid Agung Roudlatul Jannah juga telah menggulung karpet dan menyimpan mukena dan sarung untuk tidak digunakan oleh jamaah masjid. “Sebaiknya kita membawa sajadah atau alas shalat sendiri dari rumah, juga lebih baik kita bawa mukena atau sarung pribadi,” imbau Abas meneruskan apa yang disampaikan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Hal inipun mendapat apresiasi positif dari Kapolsek Mayangan Kompol Firman. “Selagi kita bisa berbuat baik, kenapa kita harus tawar menawar. Mari kita laksanakan bersama, mudah-mudahan niat baik kita ini juga dipermudah Allah SWT,” harap Firman. (dewi)