Profil

ICON-DISKOMINFO-300x188

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

 

Salam Transparansi

 Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang¬undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-¬undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo sebagai salah satu Badan Publik telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Walikota Nomor : 188.45/14/KEP/425.012/2012 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Kota Probolinggo. Dengan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi public yang dihasilkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008.

 

Visi dan Misi

VISI Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan MISI Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas Membangun dan mengembangkan system penyediaan dan layanan informasi Meningkatkan kopetensi sumberdaya manusia     MOTTO Cepat, Tepat, Murah dan Sederhana

View page »

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi PPID

STRUKTUR ORGANISASI KEPUTUSAN WALIKOTA PROBOLINGGO NOMOR : 188.45/95/KEP/425.012/2013  

View page »

Ruang Lingkup Kegiatan

Ruang Lingkup Kegiatan PPID Kota Probolingggo meliputi: 1. Layanan Informasi PPID pada Desk Informasi 2. Pengaduan Masyarakat via SMS dan Telpon 3. Pengaduan Masyarakat pada Acara LAPORO REK

View page »

Sekretariat PPID

Sekretariat PPID (Pejabat Pengolah Informasi dan Dokumentasi) Kota Probolinggo beralamat : 1. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo Jl. Dr. Moch Saleh No. 05 Probolinggo. Telp/ Fax: (0335) 422135 2. Radio Suara Kota Probolinggo Jl. Suroyo No. 17 Kota Probolinggo, Telp/Fax: (0335) 421731

View page »

Fungsi dan Tugas

Fungsi dan Tugas PPID Kota Probolinggo sebagai berikut: 1. Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan mengumpilkan bahan informasi, mengklasifikasikan informasi, mendokumentasikan informasi dan memberikan pelayanan informasi dari PPID Pembantu; 2. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik; 3. Melakukan verifikasi bahan informasi publik dari PPD Pembantu sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi; 4. Melakukan …

View page »

SK & SOP PPID

SK WALIKOTA PROBOLINGGO NOMOR: 188.45/ 117/KEP/425.012/2017 TENTANG PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PEMBANTU KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2017 download disini PERATURAN WALIKOTA TENTANG SOP PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PEMBANTU KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2015 download disini

View page »

SOP LAYANAN INFORMASI PUBLIK

PERATURAN WALIKOTA TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR LAYANAN INFORMASI PUBLIK Perwali Nomor 5 Tahun 2013 tentang SOP Pelayanan Informasi Publik

View page »

Yahoo! Status Checker by Techya