Berdayakan Olahraga Masyarakat, Pemkot Gelar Turnamen Sepakbola U-45

MAYANGAN – Sebanyak 29 tim sepak bola dari setiap kelurahan di Kota Probolinggo berebut piala Wali Kota Tahun 2023. Kali ini dalam laga Wali Kota Cup U-45. Perdana, dipertandingkan Tim Kelurahan Kedung Asem melawan Kelurahan Sukabumi, pada Rabu (15/11) sore di Stadion Bayuangga.

Mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin membuka acara, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Slamet Swantoro mengatakan bahwa pertandingan sepak bola U-45 ini merupakan rangkaian kegiatan Refleksi Kepemimpinan Wali Kota Tahun 2023. Sekaligus dimaksudkan untuk membangun budaya berolahraga di masyarakat. “Merupakan rangkaian kegiatan refleksi kepemimpinan Bapak Wali Kota Probolinggo tahun 2023. Serta program pemberdayaan olahraga masyarakat khususnya sepakbola dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan olahraga di Kota Probolinggo,” jelas Staf Ahli Slamet.

Selain menjunjung sportifitas, Staf Ahli Slamet juga berpesan kepada para pemain agar memperhatikan kemampuan fisik dalam bertanding. ”Saya menghimbau untuk bermain fair play dengan menjunjung tinggi sportifitas. Jangan ada gesekan atau tindakan anarkis. Tidak kalah pentingnya, adalah karena usia peserta rata-rata sudah usia 45 tahun, saya harap untuk bermain sesuai kemampuan. Jangan memaksa apalagi dalam kondisi kebugaran yang kurang maksimal,” pesannya

Meskipun usia tidak lagi muda, namun para pemain kedua tim sepak bola tampil dengan maksimal. Sesi pertama yang berlangsung sepanjang 30 menit, Kelurahan Kedung Asem terlihat menguasai bola. Tampak beberapa kali memberikan serangan ke gawang Kelurahan Sukabumi. Tak mau ketinggalan, giliran tim Kelurahan Sukabumi juga membuktikan mampu menekan pertahanan lawan di sesi kedua. Namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Hingga pluit akhir ditiup, hasil unggul untuk Kelurahan Kedungasem dengan skor 1-0.

Ditemui usai pertandingan, Lurah Kedung Asem Yudo Pratomo yang ikut turun bertanding mengaku, kunci kemenangan laga pertama sore itu bagi timnya adalah ketenangan dan fokus dengan tetap memperhatikan kemampuan diri. “Yang utama itu tetap kekompakan, karena kita sudah usia di atas 45. Semangat kita oke, tetep kalau tidak kuat langsung komunikasi dengan temannya. Tapi tetep harus main tenang dan fokus,” terang Lurah Yudo yang mengatakan beberapa pemain dari timnya berusia di atas 60 tahun.

Dilanjutkan dengan pertandingan kedua, yakni Tim Kelurahan Kedunggaleng kontra Kelurahan Kareng Lor. Turut menyaksikan pembukaan acara, di antaranya Ketua KONI Rahadian Juniardi, Ketua PSSI Kota Probolinggo Eko Purwanto, sejumlah kepala perangkat daerah, camat beserta lurah. Sesuai jadwal yang sudah diumumkan, laga final Wali Kota Cup U-45 ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (2/12) mendatang. (dp/qie)