Habib Hadi Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Kompas TV

JAKARTA – Keterbukaan Wali Kota Probolinggo dalam mempertanggungjawabkan kinerja pemerintahannya, membuatnya diganjar penghargaan. Kali ini dari media nasional, Kompas TV yang menilai keterbukaan informasi publik di Kota Probolinggo sangat tinggi.

Dalam ajang yang dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, itu, setiap pimpinan daerah yang memiliki kontribusi pda kemajuan Negara Indonesia mendapat penghargaan serupa. Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menyoroti kemudahan masyarakat mengakses informasi dari berbagai sumber media. Hal itu, menurutnya mencerminkan jaminan akan keterbukaan informasi publik dan transparansi dalam pemerintahan tak bisa dibendung lagi.

“Hadirin sekalian, kemudahan dan keterbukaan dalam mendapatkan informasi mencirikan proses demokrasi dan kemajuan pembangunan,” jelasnya.

Karena itu, menurut Ma’ruf Amin, ke depan, diperlukan upaya untuk mendorong agar informasi tersebut bisa dikelola dan dioptimalkan sebagai instrumen untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengatakan, prestasi ini bisa menjadi tolak ukur, bahwa kinerja Pemkot Probolinggo dinilai baik oleh pihak luar yang independen.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan hadir dalam puncak peringatan HUT ke-12 Media Nasional Kompas di Jakarta. Dalam acara tersebut Pemerintah Kota Probolinggo mendapat penghargaan sebagai salah satu kota terbaik yang melaksanakan keterbukaan informasi publik.

Tentu apresiasi semacam ini menjadi salah satu tolak ukur bahwa kinerja Pemkot Probolinggo dinilai baik oleh pihak luar yang independen.

“Saya sebagai Wali Kota Probolinggo terus berkomitmen untuk membuka seluas-luasnya hasil kinerja saya. Setiap tahun ada Refleksi Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo yang dapat dimaknai sebagai langkah pertanggungjawaban kinerja saya kepada publik. Mudah-mudahan tahun ini pun, pelaksanaan refleksi kepemimpinan dapat berjalan lancar,” jelasnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Probolinggo menggelar acara refleksi kepemimpinan tepat di tanggal pelantikan setiap tahunnya.  Dalam acara ini, wali kota menjabarkan hasil kerjanya selama setahun di depan warga Kota Probolinggo. “Adapun penghargaan ini saya berikan kepada masyarakat Kota Probolinggo dan jajaran pegawai pemkot yang telah menghadirkan kerja keras untuk memajukan kota ini,” pungkasnya. (qie/uby)