Hadiri Final Invitasi Basket, Wali Kota Beri Pesan Khusus untuk Suporter

MAYANGAN – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Probolinggo kembali menggelar pertandingan bergengsi. Yakni Invitasi Bola Basket antar pelajar Se-Kota Probolinggo Wali Kota Cup 2022. Puluhan tim dari tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA mengikuti pertandingan yang telah dimulai sejak tanggal 24 September hingga 3 Oktober di Gor Tri Dharma Kelurahan Mangunharjo. Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, hadir semalam (3/10) untuk memberikan dukungan kepada tim yang bertanding.

Diadakannya turnamen antar pelajar ini sengaja dibuat oleh pengurus Perbasi Kota Probolinggo untuk menjaring bibit-bibit atlet bola basket. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Perbasi setempat Haris. “Karena untuk mencari bibit-bibit unggul bidang basket, SMP dan SMA itu untuk mengambil tingkat umur ya, kalau SD untuk mencari bibit,” terang Haris.

Jumlah peserta invitasi bola basket antar pelajar tingkat SD/MI diikuti 15 tim putra dan 13 tim putri. Sementara tingkat SMP/MTS terdiri dari  10 tim putra dan 13 tim putri. Selanjutnya tingkat SMA/SMK/MA diikuti oleh 9 tim putra dan 8 tim putri. Mereka memperebutkan posisi juara 1, 2 dan juara 3 pada masing-masing tingkat.

Salah satu atlet putra dari SMP 1 Faras, mengungkapkan bahwa dirinya dan tim telah berlatih mempersiapkan kejuaraan ini sejak 3 bulan yang lalu. “Ya persiapan kita, alhamdulillah mulai dari 3 bulan yang lalu, ya lumayan lah chemistry kita, intinya semangat,” terang atlet yang bertugas di posisi point guard itu.

Di hari terakhir sekaligus penutupan ini, dilaksanakan 6 pertandingan final untuk semua tingkat peserta. Pada tingkat SD/MI juara 1 grup putra sekaligus grup putri diraih oleh SDK Mater Dei. Sementara tingkat SMP/MTS juara 1 grup putra juga juara 1 grup putri dimenangkan oleh SMP 1. Berikutnya tingkat SMA/SMK/MA juara 1 grup putra disabet oleh SMA 2 dan juara 1 grup putri dari SMA 1. Seluruh pemenang mendapatkan trophy serta hadiah dari sponsor.

Usai menyaksikan laga final terakhir itu, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya pertandingan seperti ini terutama setelah vakum karena pandemi Covid19. “Tentunya, kita ingin membangkitkan semangat yang mana sudah vakum 2 tahun ini. Kita munculkan kembali event-event adanya basket ini, harapan saya banyak bibit bibit baru ya di bidang basket khususnya,” ucap wali kota.

Melihat antusiasme penonton dan pendukung tim yang hadir di Gor Tri Dharma, wali kota juga mengingatkan untuk selalu menjaga ketertiban. “Para suporter harus tertib, harus bisa menahan diri. Memberi dukungan itu boleh tapi jangan sampai memutus persaudaraan, itu pesan saya,” tegas Habib Hadi.

Selain pertandingan bola basket antar pelajar, pengurus acara juga mengadakan Dance Competition / Cheerleader yang diikuti oleh 6 tim tingkat SMA. Pemenang juara 1 diraih oleh tim Cheerleader SMA 1. Penampilannya kembali ditunjukkan di acara semalam. (dp/fa)