HUT Satpol PP, Kota Probolinggo Raih Predikat Terbaik 1 Kategori Sinergitas Kinerja Penyelenggaraan Trantibumlinmas

JEMBER – Penyelenggaraan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, Rabu (6/3) pagi, di Stadion Jember Sport Garden (JSG), menjadi momen spesial bagi Satpol PP Kota Probolinggo.

Atas kinerjanya selama pemilu, Satpol PP Kota Probolinggo meraih Terbaik 1 Kategori Sinergitas Kinerja Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Tahun 2023 dari  Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Penjabat Wali Kota Nurkholis menyatakan selaras dengan tema HUT tahun ini, yakni “Peran Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Menciptakan Pemilu dan Pilkada 2024 serta Mewujudkan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”, diharapkan Satpol PP dapat terus memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat.

“Ini juga menjadi momentum melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap kinerjanya. Masih ada agenda pesta demokrasi lainnya yang menunggu, yakni Pemilukada. Saya berharap Satpol PP bisa menjaga integritas dan kepercayaan publik, memegang teguh kode etik dan disiplin dalam melaksanakan tugas,” ujar Pj. Wali Kota Nurkholis.

Sementara itu, Pj. Gubernur Adhy Karyono menyatakan apresiasi ini diberikan kepada Satpol PP dan Satlinmas atas kinerjanya dalam mengamankan dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Satpol PP dan Satlinmas yang tugasnya untuk ketertiban dan keamanan masyarakat sudah teruji kemarin saat pemilu. Ini apresiasi dari Pak Mendagri bahwa  proses Pemilu 2024 berjalan dengan baik, kondusif, tertib, aman, dan damai,” terang penjabat gubernur yang dilantik bulan Februari lalu.

Masih menurut Adhy, Satpol PP ke depan haruslah bekerja secara profesional serta humanis. Sebagaimana pesan Mendagri dalam sambutan yang dibacanya. “Bahwa profesional sesuai dengan SOP, kewenangannya dan humanis itu sangat penting. Karena mereka merupakan garda terdepan masyarakat,” jelas Adhy. (dy/pin)