Komisi Informasi Jatim Serahkan Piagam Penghargaan ke Kota Probolinggo

Diskominfo Kota Probolinggo

Primary Menu

Komisi Informasi Jatim Serahkan Piagam Penghargaan ke Kota Probolinggo

 6 seconds ago dinas komunikasi dan informatika

KANIGARAN – Setelah menerima 2 (dua) penghargaan KI Awards 2021 secara virtual pada 1 Desember 2021 lalu, hari ini (14/12) Diskominfo Kota Probolinggo menerima kunjungan perwakilan Komisi Informasi (KI) Jawa Timur dengan agenda penyerahan 2 penghargaan tersebut secara langsung di ruang rapat Diskominfo Kota Probolinggo.

Penghargaan KI Award 2021 diberikan oleh Komisi Informasi Jatim atas prestasi yang telah diperoleh Pemkot Probolinggo sebagai Penyedia Informasi Berkala Terbaik dan Badan Publik Menuju Informatif Kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

“Agenda hari ini sebenarnya hanya penyerahan penghargaan tersebut ya, sekaligus silaturahmi dan diskusi-diskusi bersama Pemkot Probolinggo terkait bagaimana inovasi pelayanan publik yang diberikan untuk masyarakat yang sedang dilakukan maupun yang akan dilakukan,” jelas Edi, anggota Komisi Informasi Bidang Advokasi, Sosialiasi, dan Edukasi Provinsi Jatim yang  hadir dalam acara penyerahan penghargaan tersebut.

Edi menilai kemajuan pelayanan informasi di Kota Probolinggo sudah mengalami kenaikan yang signifikan. Ia berharap, bukan hanya Diskominfo sebagai PPID Utama Pemerintah Kota Probolinggo saja yang diperkuat, namun badan publik lainnya, seperti sekolah (SD, SMP, SMA), tingkat Kelurahan, Kecamatan juga harus memperkuat pelayanan informasinya.

“PPID utama dapat memonitoring dan mengevaluasi badan publik tersebut secara rutin setidaknya setahun sekali untuk memantau perkembangan ketaatan badan publik terhadap keterbukaan informasi publik, ini sesuai dengan Peraturan Perki no 5 tahun 2016. Sehingga pelayanan publik terhadap kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” jelasnya.

Berkaitan dengan penilaian dalam KI Awards, Edi mengungkapkan ada empat kategori utama penilaian, yaitu mengumumkan infomasi, mendokumentasikan informasi,  pelayanan informasi dan  menyediakan informasi.

“Empat item inilah yang menjadi penilaian kami. Kota Probolinggo sudah mendapat nilai 96,18. Kategori yang diterima masih “badan publik menuju informatif”, kurang 0,82 poin lagi untuk menjadi badan publik informatif. Saya harap Kota Probolinggo dapat memperbaikinya tahun depan, harapnya. (masita)