Maknai Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Momen Implementasi Nilai Pancasila

MAYANGAN -Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati bersama forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Command Center, Sabtu (1/10) pagi.

Upacara yang dipusatkan di Monumen Pancasila Lubang Buaya Jakarta Timur ini mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Presiden Joko Widodo yang bertindak selaku inspektur upacara mengawali jalannya upacara dengan memimpin peserta untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Kemudian, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara naskah Undang-undang Dasar 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa sebagai penutup rangkaian acara.

Selepas upacara, Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Ma’ru Amin mengunjungi Monumen Pancasila Sakti.

Bagi Sekda Ninik Ira Wibawati, momen 1 Oktober sebagai pengingat tentang perjuangan pahlawan bangsa dalam mempertahankan NKRI. “Hari ini mengingatkan kita semua bahwa NKRI adalah harga mati. Juga mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita yang tidak ikut berperang sudah seharusnya juga berjuang mempertahankan NKRI dan makin mencintai Pancasila,” terangnya.

Sekda juga menyampaikan kampanye we love cities yang dilaksanakan mulai tanggal 19 September hingga 31 Oktober mendatang. Ia telah berkoordinasi dengan semua perangkat daerah dan mitra kerja untuk meningkatkan dukungan atau vote Kota Probolinggo dalam ajang tersebut. “Harapannya Kota Probolinggo bisa mewakili Indonesia menjadi kota yang paling dicintai,” pesannya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga diikuti oleh unsur Forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. (Mir/fa)