Upacara HUT Kemerdekaan, Pemkot Serukan Tetap Kedepankan Prokes

KANIGARAN – “Hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi momen yang sangat spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan seluruh pengorbanan,” itulah sepenggal awal sambutan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang dibacakan Sekda drg Ninik Ira Wibawati selaku Inspektur Upacara HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman kantor wali kota, Selasa (17/8) pagi.

Dihadapan peserta upacara yang terdiri dari Kodim 0820, Batalyon Zipur 10, Polres Probolinggo Kota, Satpol PP, Dishub dan KORPRI itu mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tepat di hari kemerdekaan, pandemi Covid 19 masih belum berakhir dan ini menjadi ujian yang harus dihadapi bersama. “Pemerintah menyadari tantangan yang dihadapi seluruh kalangan masyarakat, baik di sektor kesehatan, sosial hingga ekonomi. Sejak pandemi Covid 19, pemerintah selalu berupaya hadir memberikan solusi atas dampak ekonomi yang dialami masyarakat,” urai Sekda Ninik.

Ia mengungkapkan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah bersama-sama meringankan beban rayat, mengucurkan bantuan baik langsung tunai serta bermacam program bantuan pangan. “Pemerintah Kota Probolinggo mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada donatur yang berasal dari berbagai perusahaan, BUMN, Perbankan, Organisasi, UMKM, komunitas bahkan perorangan yang telah menyalurkan dan kami mengajak para donatur dalam penyalurannya agar transparan,” terang sekda perempuan pertama di Kota Probolinggo ini.

Terkait tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” diharapkan Indonesia harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian serta tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa. “Momen kemerdekaan ini harus menjadi pelecut semangat agar kita bisa bekerja lebih efektif, efisien dan produktif. Dibutuhkan kebersamaan dan dukungan dari seluruh kalangan masyarakat agar pandemi segera berakhir,” terangnya.

Ia pun menambahkan, program vaksinasi yang masih berjalan hingga kini merupakan upaya untuk mencapai kekebalan kelompok. “Hingga saat ini, dari total sasaran vaksinasi 176.228 orang, sebanyak 79.197 orang (44,9%) telah memperoleh vaksin tahap pertama. Dan 50.541 orang (28,7%) memperoleh vaksin tahap kedua,” tandas Sekda Ninik. Dengan demikian pemerintah terus berupaya untuk mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhirnya kekebalan kelompok dapat terbentuk dan pandemi dapat berakhir.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG-20210817-WA0031.jpg

Di akhir sambutannya, Sekda Ninik mengimbau pada masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dan Pemkot Probolinggo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter, perawat serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, klinik kesehatan, rumah isolasi, puskesmas, hingga petugas tracing serta petugas lapangan lainnya.

Giat pagi itu dihadiri jajaran forkompimda Kota Probolinggo diantaranya adalah Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari, Ketua DPRD Abdul Mujib, Kajari Hartono, perwakilan Perwira Penghubung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf Puguh Jatmiko, Ketua PN Boedi Haryantho dan diikuti secara virtual oleh kepala PD dan para asisten. (dewi)