Gelar Sosialisasi Penerapan Sistem Merit, BKPSDM Harap ASN Pemkot Probolinggo Mempunyai Kualifikasi yang Baik

KANIGARAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo mengadakan acara Sosialisasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil  Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Acara yang bertempat di Hotel Bromo Park ini mengusung tema tentang ketentuan dan kebijakan terkait penerapan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan serta menyamakan persepsi dan pemahaman dari pihak yang berwenang dan pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan kepegawaian di Lingkungan  Pemerintah Kota Probolinggo.

“hasil yang diharapkan dari acara ini yaitu menyamakan persepsi dan pemahaman, tersampaikannya informasi dan terminimalisirnya keluhan dan masalah terkait penerapan sistem merit ini.” Jelas Wahono Arifin, sebagai Kepala BKPSDM Kota Probolinggo dalam laporannya.

Asisten Administrasi Umum, Budiyono Wirawan mewakili Wali Kota Probolinggo menyampaikan bahwa  terdapat dua pilar penting yang ingin dibangun oleh Undang-Undang Republik Indonesia No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yaitu profesionalisme dan sistem merit. Untuk diketahui Dalam Undang-Undang tersebut, sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

“dimana dua pilar tersebut menitikberatkan kepada peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh ASN. Melalui sistem merit, ASN nantinya ditempatkan dalam suatu jabatan tanpa melihat  pertimbangan yang membedakan yaitu: agama, ras, usia dan jenis kelamin. Oleh karena itu setiap pegawai ASN dituntut mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang bagus.” Jelas Budiyono.

Peserta acara ini adalah pihak berwenang dan pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yaitu Pejabat eselon 3A sebagai calon suksesi pejabat pimpinan pratama.

Narasumber dalam acara tersebut ialah Mugi Syahriyadi, Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerepan Sistem Merit wilayah I pada Komisi Aparatur Negara Republik Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Mugi juga menyerahkan SK Komisi Aparatur Sipil Negara kepada Budiyono Wirawan. (Masita)