Layanan Cek Kesehatan Gratis Hadir di Gelaran Semipro 2024

MAYANGAN – Di hari ketujuh, antusiasme masyarakat mengunjungi event Semipro 2024 masih cukup tinggi. Para pengunjung menikmati waktu malam mereka bersama keluarga dan kerabat sambil menyaksikan pentas seni tari dalam rangkaian Semipro yang digelar di Alun-Alun Kota Probolinggo, Kamis (4/7) malam. 

Sejumlah tarian mulai dipentaskan sekira pukul 19.30 waktu setempat. Para penonton kemudian merapat duduk di depan panggung utama kala penampilan Tari Jaipong dari SMPN 1 Probolinggo menjadi acara pembuka. Ada juga yang bersila di sisi luar area pagar pembatas sembari menikmati jajanan kuliner yang sengaja dibeli selama perhelatan pertunjukan berlangsung.

Di depan penonton, para penampil unjuk kebolehan dalam seni tari yang bertemakan nusantara dan budaya, mulai dari Tari Jaipong dari SMPN 1 Probolinggo, Tari Petekan dari SMAN 3 Probolinggo, Tari Sri Ganyong dari SMKN 1 Probolinggo, Tari Nusantara dari SMP Islam Terpadu Permata, Tari Dugdaren dari SMKN 4 Probolinggo, dan cosplay dari komunitas Tsumikaze Probolinggo.

Yuli Budiastuti, Kabid Pemasaran Pariwisata Dispopar Kota Probolinggo mengatakan, Semipro tahun ini bertepatan dengan hari libur sekolah. Tentu, menurutnya, selain untuk mendongkrak pariwisata, kuliner dan budaya Kota Probolinggo, juga memicu kreatifitas para pelajar.

“Semipro kali ini menjadi momen di hari libur sekolah juga. Kita menampilkan siswa-siwi untuk unjuk kebolehan kreatifitas. Alhamdulillah cukup mendongkrak. banyak juga pengunjung dari luar kota yang berkunjung,” ungkapnya.

Menariknya, masyarakat bisa datang meramaikan dan memanfaatkan berbagai pelayanan publik dalam gelaran Semipro yang dilaksanakan sejak 28 Juni hingga 6 Juli mendatang. Salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat adalah cek kesehatan gratis dari Rumah Sakit Wonolangan Probolinggo.

Hermin, Marketing Rumah Sakit Wonolangan Probolinggo yang bertugas saat itu mengatakan, layanan ini adalah salah upaya untuk mendekatkan kepada masyarakat dalam hal edukasi pola hidup sehat.

“Kami ikut berkontribusi dalam kegiatan apapun yang dilaksanakan Pemerintah Kota Probolinggo dengan cara buka boat pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan tensi gratis, dan pemeriksanaan darah gratis, ujarnya.

Selama empat hari buka layanan di Semipro ini, Hermin mengaku sudah 50 orang yang memanfaatkan cek kesehatan gratis ini.

“Kurang lebih 50 orang yang sudah melakukan pemeriksaan gratis, sejak dibuka pada hari Senin lalu. Pelayanan yang diberikan meliputi edukasi kesehatan, pemeriksanaan tensi, pemeriksanaan gula darah, asam urat dan kolesterol,” jelasnya.

Ia berharap, pelayanan kesehatan gratis yang diberikan itu bisa diterima dan membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.

“Kami kami menghimbau kepada masyarakat agar sadar kesehatan dengan tetap menjaga gaya hidup sehat dan pola makan yang bagus,” imbuhnya. (uby/yul)