Sektor Ekonomi Bergeliat, Perputaran Uang di Semipro Tembus Rp 2,6 Miliar

MAYANGAN – Setelah penyerahan hadiah lomba batik secara simbolis, Pj. Wali Kota Nurkholis pun menutup gelaran Semipro 2024, Jumat (5/7), dengan menabuh genderang yang selanjutnya diiringi dengan tampilan barongsai. Dalam seremonial penutupan tersebut, Nurkholis nampak didampingi sang istri Dewi Maharani Nurkholis serta sejumlah undangan naratama.

Meskipun sudah resmi ditutup, gelaran Semipro masih dapat dinikmati oleh masyarakat hingga Sabtu (6/7). Hiburan tarian Jebing Majengen persembahan dari siswi SMPN 9 Kota Probolinggo serta penampilan grup musik dari Kawula Alit bakal menghibur masyarakat yang berkunjung ke alun-alun kota.

Informasi yang dihimpun, sejak dibuka tanggal 28 Juni hingga 5 Juli malam tadi, perputaran uang yang beredar selama Semipro mencapai sekitar Rp 2,6 miliar. Jumlah ini dihitung dari pendapatan per hari UMKM, PKL, wahana permainan, parkir resmi, hingga parkir yang dikelola masyarakat di sekitar alun-alun.

Dari pantauan di lokasi, hingga tadi malam, masyarakat masih menunjukkan antusiasmenya mengunjungi Semipro tahun ini. Bahkan, salah satu pedagang baju bekas menuturkan dirinya bisa meraup omset hingga jutaan rupiah dalam satu hari.

“Alhamdulillah sudah balik modal sejak beberapa hari lalu. Saya juga sering ikut Semipro, jualan di Pasar Minggu juga. Saya berharap UMKM di Kota Probolinggo semakin maju karena dengan adanya Semipro bisa memperkenalkan UMKM yang ada di kota ini dan semoga sering-sering ada acara seperti ini,” tutur Jenny salah satu pedagang baju bekas di Semipro.

Selain itu, terlihat sejumlah lokasi baik pekarangan hingga gang-gang kecil di sekitar alun-alun dimanfaatkan betul oleh masyarakat untuk dijadikan lahan parkir bagi mereka yang berkunjung ke Semipro. Hal ini lah yang menurut Nurkholis menjadi salah satu poin positif untuk meningkatkan sektor perekonomian di Kota Probolinggo.

“Alhamdulillah, gelaran Semipro memberikan dampak positif untuk sektor perekonomian. Terbukti dengan jumlah perputaran uang yang beredar. Jumlah ini tentunya masih bisa bertambah karena Semipro masih satu hari lagi. Terima kasih untuk semua jajaran Pemkot Probolinggo, TNI/Polri, pihak sponsor, partisipan, hingga seluruh elemen masyarakat yang turut menyukseskan Semipro tahun ini,” tutup Nurkholis.

Turut hadir dalam gelaran Semipro malam tadi antara lain Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, perwakilan forkopimda, para asisten, staf, kepala perangkat daerah, pimpinan Bank Jatim dan instansi lainnya. (pin/yul)