Forum Puspa Bayuangga Masa Bhakti 2022-2024 Resmi Dikukuhkan

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengukuhkan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Bayuangga Kota Probolinggo masa bhakti tahun 2022-2024, Rabu (15/6) di Gedung Puri Manggala Bhakti, Kantor Wali Kota Probolinggo.

Forum Puspa Bayuangga merupakan forum yang berfokus untuk permasalahan kesejahteraan perempuan dan anak. Mempunyai tugas dan fungsi sebagai penyusun strategi dan rencana aksi; memberikan masukan dan perumusan kebijakan, program, dan kegiatan terkait dengan kesetaraan gender, perlindungan hal perempuan, pemenuhan hak anak, dan perlindungan khusus anak; melaksanakan advokasi, sosialisasi, pelatihan, dan kerja sama. 

Forum ini juga melakukan pendampingan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kota Probolinggo.  “Tujuan dari kegiatan yang dimaksud untuk mensinergikan dengan Pemerintah Kota Probolinggo dalam menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak,” ucap Rahma Nurcahyarini, Sekretaris Dinsos PPPA. 

Setelah mengukuhkan Pengurus Forum Puspa Bayuangga, Wali Kota Habib Hadi berharap forum tersebut dapat memberikan kontribusi yang baik dalam mengemban amanah yang telah diberikan untuk mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo.

“Tentunya, ini suatu langkah yang harus kita sinergikan karena tanpa keterlibatan semua pihak, mustahil itu akan terwujud sesuai harapan, amanah yang sudah diemban ini pasti ada tantangan. Mudah-mudah dengan adanya keterlibatan dari masyarakat dan peran dari forum ini kedepannya bisa lebih baik,” harap wali kota yang berperan sebagai pembina dalam forum Puspa Bayuangga.

Menurutnya, terbentuknya forum ini sangat penting karena dapat mendukung komitmen mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan (three end, red). 

“Amanah yang sudah diberikan harus dijalankan sebaik-baiknya. Karena amanah bukan sebagai label, bukan sebagai pengakuan untuk diri sendiri, tetapi amanah ini adalah suatu kewajiban untuk berkhidmat melakukan tugas dan fungsi. Sehingga apa yang diharapkan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama,” tutur wali kota.

Forum Puspa Bayuangga diketuai oleh Endang Dewi Fatimah, dengan dibantu 38 anggota. Dengan tiga bidang kepengurusannya yaitu bidang perlindungan anak, bidang pemberdayaan perempuan, dan bidang partisipasi masyarakat. (sit/fa)