Pesan Wali Kota : Bantuan Peralatan Usaha Harus Dimanfaatkan Sebaik-baiknya

KANIGARAN – Untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya bagi pelaku usaha mikro, Kamis (18/11) pagi, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan bantuan sarana penunjang peralatan usaha, bagi pelaku usaha mikro di halaman kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian.. Sebanyak 75 orang pemilik usaha mikro mendapatkan stimulus bantuan peralatan usaha yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Beberapa diantaranya mesin jahit listrik, timbangan digital, alat bor, gerinda, rak piring, rombong nasi, mesin obras, genset, etalase toko, peralatan salon dan peralatan penunjang sejenis lainnya.

Melalui kegiatan ini, Wali Kota Habib Hadi berpesan agar peralatan bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan usaha. “Dan saya minta alat-alat yang diberikan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya karena tujuan pemerintah memberikan alat-alat ini supaya bisa memberikan dampak positif ekonomi,” pesan Habib Hadi.

Untuk makin memotivasi para pelaku usaha, wali kota berjanji akan menambahkan bantuan lainnya jika kedepan menunjukkan perkembangan yang positif. “Kalau memang betul-betul bermanfaat, masih ada kurang lagi, usahanya lancar kita akan tambah lagi bantuannya, mana yang semangat, mana yang giat, kita perhatikan,” jelas Wali Kota Habib Hadi didepan penerima bantuan yang dibagi dalam 2 sesi itu.

Terkait mengenai level PPKM, orang nomor satu di Kota Probolinggo itu juga kembali mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan program vaksinasi bagi lansia. “Jadi segera untuk vaksin, kalau sudah vaksin, level 1 aktivitas sudah boleh normal tapi dengan protokol kesehatan,” katanya.

Sebagai bentuk komitmen pelaku usaha dengan pemerintah, Kepala DKUPP Fitriawati melarang pelaku usaha untuk menjual peralatan bantuan dari pemerintah kota. “Tidak boleh, sudah ada aturannya, mereka (penerima bantuan) harus membuat surat pernyataan ada tanda tangan bahwa peralatan yang kita berikan tidak boleh dijual,” ungkap Fitriawati.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan Misnani warga Jrebeng Lor yang hadir di sesi pertama mengaku akan menggunakan bantuan peralatan tersebut untuk mengembangkan usaha rengginangnya. “Senang, peralatan dapur nanti ya buat rengginang itu dah, Insya Allah untuk menambah produksi,” ungkap pemilik usaha Rengginang merk Nyoto itu.

Hadir bersama Wali Kota Probolinggo dan Kepala DKUPP diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setiorini Sayekti, Kadinsos PPPA Rey Suwigtyo, Kepala Bappeda Litbang Tartib Goenawan dan camat terkait. (dewanta)